Sewa Mobil Solo | Rental Mobil Andalan Jaya: Wisata Kuliner di Solo dan Dilengkapi Peta Lokasinya

Wisata Kuliner di Solo dan Dilengkapi Peta Lokasinya


Kota Solo selain terkenal sebagai kota budaya dengan tradisinya yang adi luhung juga dikenal sebagai kota destinasi wisata kuliner. Beraneka ragam jenis makanan enak yang mengundang selera dapat anda temukan di kota ini. 

Dalam artikel ini juga dilengkapi peta lokasinya sehingga anda tidak akan kesulitan menemukan kuliner - kuliner yang manjadi favorit tersebut. Cukup dengan klik pada nama destinasi wisata kuliner anda akan dibawa menuju peta lokasi dimana kuliner itu berada. 

Untuk menuju destinasi wisata kuliner tersebut, jika anda tidak membawa kendaraan pribadi, anda bisa menggunakan jasa becak, taksi konvensional, taksi online dan juga bisa menggunakan jasa sewa mobil solo ataupun rental mobil solo lepas kunci.

Berikut ini adalah beberapa destinasi wisata kuliner di Kota Solo yang menjadi favorit dan layak untuk anda coba:

1. Nasi Liwet

Nasi Liwet

Nasi Liwet merupakan makanan khas Solo yang paling terkenal. Beras yang di masak dengan kaldu ayam yang membuat nasi terasa gurig dan beraroma lezat. Nasi tersebut dicampur dengan sayur labu siam yang dimasak sedikit pedas, telur pindang rebus, daging ayam suwir, kumut (terbuat dari kuah santan yang dikentalkan). Disajikan dengan daun pisang yang dipincuk. 


Nasi liwet yang menjadi favorit diantaranya adalah: Nasi Liwet Bu Wongso Lemu di daerah Keprabon yang buka mulai sore pukul 16.00 sampai pukul 01.00 dini hari. Ada juga Nasi Liwet Yu Sani di Jalan Veteran yang buka sore hari mulai pukul 18.00 sampai pukul 23.00. 

Dan masih banyak lagi penjual nasi liwet yang bisa anda temui dengan mudah di seantero Kota Solo yang buka bervariasi mulai pagi sampai dengan malam hari.. 

2. Timlo Solo
 

Timlo Solo
Timlo Solo adalah hidangan berkuah bening yang berisi sosis ayam yang dipotong-potong, telur ayam pindang dan irisan hati dan ampela ayam. Menu ini biasa disantap dengan nasi putih yang ditaburi bawang goreng. Berbeda dengan daerah lain, timlo solo tidak memakai soun dan jamur.


Timlo yang menjadi favorit para pelancong adalah Timlo Sastro di Jl. Kapten Mulyadi yang buka mulai pagi pukul 06.00 sampai sore pukul 15.30. RM Timlo Solo yang berlokasi di Jl. Urip Sumoharjo yang buka mulai pagi pukul 07.30 sampai malam hari pukul 21.00. Juga ada Timlo Maestro yang berlokasi di Jalan Ahmad Dahlan buka mulai pukul 19.00 sampai pukul 01.00 dini hari.


3. Tengkleng
 

Tengkleng Solo
Tengkleng merupakan makanan semacam gulai kambing tetapi kuahnya tidak memakai santan. Isi tengkleng adalah tulang belulang kambing dengan sedikit daging yang menempel, bersama dengan sate usus, sate jerohan, otak dan organ-organ lain seperti mata, telinga, pipi, kaki dan lain-lain. Kenikmatan menyantap tengkleng akan terasa ketika kita menggerogoti sedikit daging yang menempel pada tulang dan menghisap isinya.


Tengkleng menjadi favorit para pelancong diantaranya: Tengkleng Bu Edi di depan Pasar Klewer atau sekitar parkiran masjid agung yang buka mulai siang pukul 12.30 sampai habis, tapi biasanya hanya 2 sampai 3 jam setelah buka dagangan sudah ludes. Selain itu ada juga Tengkleng Mbak Diah yang berlokasi di daerah Tanjung Anom yang buka mulai pagi pukul 09.00 hingga malam hari pukul 21.00.


4. Pecel Ndeso
 

Pecel Ndeso
Pecel ndeso adalah nasi pecel yang berasal dari beras merah, dicampur sayur yang berisi dedaunan dan tanaman mulai dari jantung pisang, daun kenikir, daun petai cina, bunga turi, dan kacang panjang, sambal wijen putih atau hitam. Disantap  bersama belut goreng, wader pari goreng, telur ceplok, sosis solo, bongko (kacang merah dan kelapa), gembrot (kelapa dan daun simbukan), otak dan iso goreng.


Menu pecel ndeso ini dapat anda jumpai di Warung Pecel Solo yang terletak di Jalan Supomo Solo dengan jam buka mulai pukul 07.30 sampai pukul 22.00 alam. Anda juga bisa menjumpai penjual pecel ndeso Bu Ndari di kawasan Stadion Manahan di Jalan Menteri Supeno Solo, biasa buka pagi sampai siang hari.


5. Gudeg Ceker
  

Gudeg Ceker Solo
Ceker (kaki ayam) menjadi makanan pendamping yang dihidangkan bersama gudeg. Ceker direbus dengan bumbu santan sehingga terasa lunak dan lezat. Selain gudeg, ceker juga bisa disajikan sebagai makanan pendamping dari bubur. Paduan menu ini akan semakin lezat ketika disiram dengan kuah Sambel Goreng Krecek. 


Gudeg ceker yang paling populer adalah Gudeg Ceker Bu Kasno yang buka tengah malam yaitu mulai pukul 01.00 sampai pagi pukul 07.00. Gudeg ceker ini tak pernah sepi pengunjung meskipun buka tengah malam. Anda bisa temukan gudeg ceker Bu Kasno ini di kawasan Margoyudan tepatnya di Jl. Wolter Monginsidi. Bagi anda yang ingin menikmati menu gudeg ceker tanpa menunggu dini hari bisa mengunjungi Gudeg Bu Yati di Jl. Ronggowarsito Keprabon yag buka mulai pukul 18.00 sampai pukul 02.00.



6. Selat Segar Solo
  

Selat Segar Solo
Selat Segar Solo adalah salah satu bentuk percampuran masakan berkuah dari barat dengan selera lidah lokal yang menciptakan makanan khas solo. Racikan selat solo merupakan adaptasi dari salad yang terdiri dari dagingyang diiris tipis, ditambah rebusan buncis, kentang, wortel, telur pindang, dan mayonaise. Racikan ini kemudian disiram dengan kuah kecap encer.


Menu selat ini bisa anda temukan di Warung Selat Mbak Lies yang berlokasi di Kawasan Serengan yang buka mulai pagi pukul 08.00 sampai sore hari pukul 17.00. Ada juga Selat Vien's di Jalan Hasanudin yang juga buka pagi pukul 07.30 sampai sore pukul 17.00.



7. Soto Gading

Soto Gading

Soto yang disajikan langsung bersama nasi putih dalam satu mangkuk. Tersedia juga berbagai lauk sangat komplit di meja-meja pengunjung dengan rasa yang khas. Warung soto ini selalu jadi tujuan wisata kuliner bagi wisatawan yang berkunjung ke Solo. 


Soto Gading ini punya dua cabang, Soto Gading yang cabang pertama ada di Jalan Brigjen Sudiarto yang buka mulai pukul 06.00 sampai pukul 15.00. Sedangkan untuk Soto Gading cabang kedua terletak di Jalan Veteran yang buka pagi mulai pukul 06.00 sampai siang pukul 15.00.


8. Sate Buntel
 

Sate Buntel

Sate Buntel sate kambing khas kota solo terbuat dari daging kambing yang dicincang, diberi bumbu bawang dan merica dan kemudian dibuntel (dibungkus dengan lemak kambing). Dimakan bersama kecap, irisan cabe rawit, bawang merah, irisan kol dan tomat. Menu yang lain adalah sate kikil kambing dan gule sumsum.


Sate buntel yang menjadi favorit ini bisa anda dapatkan di Warung Sate Kambing Bu Hj. Bejo yang beralamat di Jalan Sungai Sebakung di daerah Lojiwetan Solo, buka mulai pukul 07.30 sampai pukul 17.00. Ada juga Warung Sate Kambing Mbok Galak yang terletak di Jalan Ki Mangun Sarkoro dengan jam buka mulai pukul 08.00 sampai pukul 19.00. 

9. Sate Kere
 

Sate Kere

Sate kere ini unnik karena menu utamanya adalah sate tempe gembus, yaitu tempe yang dibuat dari ampas kedele sisa pembuatan tahu. Selain itu terdapat juga ada sate jerohan sapi, seperti paru, limpa, hati, iso, torpedo, ginjal, dan babat. Sebelum dibakar bahan makanan ini direndam dalam bumbu khas. Sedangkan bumbu untuk menyantapnya yaitu bumbu kacang, dengan kacang yang tidak terlalu banyak sehingga terasa lebih ringan.


Menu sate kere ini dapat anda temukan di Warung Sate Kere Yu Rebi yang berlokasi di Jalan Kebangkitan Nasional dengan jam buka mulai pukul 11.00 sampai dengan pukul 21.00 malam.


10. Cabuk Rambak
 
Cabuk Rambak
Makanan dengan menu utama  ketupat ini sangat khas Solo memakai ketupat yang disebut gendar jamur, karena beras ini dimasak di dalam anyaman janur/daun kelapa yang masih muda. Yang membedakan dengan makanan ketupat di daerah lain adalah bumbunya. biasa dijajakan berkeliling kampung pada hari-hari biasa. Bumbu cabuk rambak memakai wijen yang digoreng bersama santan kelapa, cabai, bawang putih, kemiri dan gula merah. Makanan istimewa ini disantap dengan karak, sejenis krupuk dengan bahan dasar beras. Lebih unik lagi, karena menikmatinya kita menggunakan lidi. 



Anda bisa menemukan cabuk rambak ini salah satunya di Warung Nasi Liwet dan Cabuk Rambak Bu Parmi yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso dengan jam buka mulai pukul 18.00 sampai pukul 24.00 malam.


11. Bakmi Ketoprak
 

Bakmi Toprak
Meskipun nama makanan khas solo ini mirip dengan ketoprak jakarta, tetapi menunya sangat berbeda. Tidak seperti ketoprak Jakarta memakai sambel kacang, toprak solo berkuah bening. Toprak Solo terdiri dari mi kuning, irisan kol, tahu tempe goreng, telur dan sosis. Kemudian disiram dengan kuah kaldu dan irisan tetelan daging sapi serta taburan bawang goreng dan seledri. Sebagai pelengkap bisa ditambah karak (kerupuk nasi).

Bakmi ketoprak yang menjadi favorit adalah Bakmi Ketoprak Yu Nani yang berada di kawasan Kartopuran tepatnya di Jalan Pandu Dewanata, warung ini buka mulai pukul 10.00 sampai pukul 17.00.