Sewa Mobil Solo | Rental Mobil Andalan Jaya: Tempat Wisata dan Atraksi Wisata di Solo

Tempat Wisata dan Atraksi Wisata di Solo

Berikut ini adalah tempat wisata dan atraksi wisata di Solo yang sayang dilewatkan jika anda berkunjung ke Solo. Diantaranya adalah peninggalan bersejarah, museum, wisata keliling kota Solo dan sebagainya. 
 

KERATON KASUNANAN SURAKARTA

Rental Andalan Jaya Solo, Keraton Kasunanan Surakarta, Keraton Solo
Keraton Kasunanan Surakarta dibangun oleh Pakoe Boewono II pada tahun 1745 Masehi. Sebelumnya ibukota Keraton berada di Kartasura, yang berjarak lebih kurang 12 km barat Kota Solo.
 
Secara fisik bangunan Keraton Kasunanan Surakarta terdiri dari bangunan inti dan lingkungan pendukungnya seperti Gapura (pintu gerbang) yang disebut Gladag pada bagian Selatan. Kemudian ada dua Alun-alun di sebelah Utara dan Selatan kompleks Keraton. Juga terdapat Masjid Agung dan Pasar Batik yang terkenal yaitu Pasar Klewer. Kyai Slamet, Kerbau putih yang dikeramatkan sebagai salah satu pusaka Keraton Kasunanan Surakarta.
 
Di Keraton Kasunanan Surakarta terdapat Art Gallery yang menyimpan bermacam benda-benda bersejarah yang mempunyai nilai seni dan sejarah yang tinggi. Beberapa koleksi yang ada diantara lain kereta kencana, bermacam-macam senjata, wayang kulit dan benda-benda peninggalan jaman dulu lainnya.
 
Keraton Kasunanan Surakarta dibuka untuk umum setiap hari jam 08.30-14.00, dan hari Minggu jam 08.30-13.00. Keraton tutup pada hari Jumat.

PURA MANGKUNEGARAN

Rental Andalan Jaya Solo, Pura Mangkunegaran
Pura Mangkunegaran dibangun pada tahun 1757 oleh Raden Mas Said yang lebih dikenal sebagai Pangeran Sambar Nyawa, setelah penandatanganan Perundingan Salatiga pada tanggal 13 Maret. Raden Mas Said kemudian menjadi Pangeran Mangkoe Nagoro I. Istana Mangkunegaran terdiri dari dua bagian utama : pendopo dan dalem yang diapit oleh tempat tinggal keluarga raja. Hal yang menarik adalah keseluruhan istana dibuat dari kayu jati yang bulat/utub.
 
PENDOPO adalah Joglo dengan empat saka guru (tiang utama) yang digunakan untuk resepsi dan pementasan tari tradisional Jawa. Ada seperangkat gamelan yang dinamai Kyai Kanyut Mesem. Gamelan yang sebagaian besar masih lengkap ini dimainkan pada hari-hari tertentu untuk mengiringi latihan tarian tradisional. Di dalam DALEM terdapat Pringgitan, ruang dimana keluarga menerima pejabat. Ruangan ini juga digunakan untuk mementaskan wayang kulit. Di dalam pringitan, ada beberapa lukisan karya Basuki Abdullah, pelukis kenamaan Solo.
 
Dalem juga digunakan untuk memajang berbagai koleksi barang peninggalan berharga yang bernilai seni dan sejarah yang tinggi. Terdapat koleksi topeng-topeng tradisional dari berbagai daerah di Indonesia, kitab-kitab kuno dari jaman Majapahit dan Mataram, koleksi berbagai perhiasan emas dan koleksi beberapa potret Mangkunegoro.
 
Pura Mangkunegaran juga memiliki perpustakaan yang disebut Rekso Pustoko. Koleksi topeng tradisional dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Solo, Jogjakarta, Cirebon, Madura dan Bali.
Beberapa koleksi topeng dari China. Pengunjung dapat memperoleh berbagai souvenir dan cinderamata di Pare Anom art shop.
 
Pura Mangkunegaran dibuka untuk umum setiap hari jam 09.00 - 14.00, Jumat jam 09.00 - 12.00, Minggu jam 09.00 - 14.00. 

MUSEUM RADYA PUSTAKA

Rental Andalan Jaya Solo, Museum Radya Pustaka Solo
Museum ini didirikan pada masa pemerintahan Pakubuwono IX oleh Kanjeng Raden Adipati Sosrodiningrat IV di dalem Kepatihan pada tanggal 28 Oktober 1890. Kanjeng Raden Adipati Sosrodiningrat IV pernah menjabat sebagai Patih Pakubuwono IX dan Pakubuwono X. Museum ini lalu dipindahkan ke lokasinya sekarang ini, Gedung Museum Radyapustaka di Jalan Slamet Riyadi, Surakarta, pada 1 Januari 1913. Kala itu gedung museum merupakan rumah kediaman seorang warga Belanda bernama Johannes Busselaar.
 
Museum Radya Pustaka memiliki koleksi yang terdiri dari berbagai macam arca, pusaka adat, wayang kulit dan buku-buku kuno. Koleksi buku kuna yang banyak dicari itu di antaranya mengenai Wulang Reh karangan Pakubuwono IV yang isinya antara lain mengenai petunjuk pemerintahan dan Serat Rama karangan Pujangga Keraton Surakarta bernamaYasadipura I yang menceritakan tentang wiracarita Ramayana.

Museum  Radya Pustaka buka pada Hari Selasa - Minggu, pukul 08.30 - 14.30. Khusus hari Jumat pukul 08.30-11.30.

TAMAN BALEKAMBANG

Rental Andalan Jaya Solo, Taman Balekambang Solo
Taman Balekambang adalah taman yang dibangun oleh KGPAA Mangkunegara VII untuk kedua putrinya, yaitu GRAy Partini dan GRAy Partinah. Oleh karena itu, dua patung dari putri ini juga diletakkan di dalam taman. 

Selain itu, taman yang terbagi dua juga diberi nama sesuai dengan nama kedua putri, yaitu Partinah Bosch yang merupakan semacam hutan kota, dan Partini Tuin, yang merupakan kolam air. 

Taman ini terletak di Jl. Ahmad Yani, Surakarta dengan area seluas 9,8 Ha dan dibuka untuk umum mulai pukul 07.00 sampai pukul 18.00 WIB setiap hari.

TAMAN SATWA TARU JURUG

Rental Andalan Jaya Solo, Taman Satwa Taru Jurug Solo
Taman Satwa Taru Jurug Surakarta ( TSTJ ). Sebuah taman yang ditopang oleh 67 jenis satwa dan 331 ekor satwa serta ditumbuhi lebih dari ribuan pohon yang membuat suasana lingkungan menjadi sejuk dan nyaman.

Taman Satwa Taru Jurug berada di tepian sungai Bengawan Solo, sekitar 10 km dari Pusat Kota Solo atau tepatnya di jalan ir. Sutami Solo. TSTJ berada di ketinggian sekitar  92m diatas permukaan air laut. Dengan luas sekitar 13,9 ha. 

Taman Satwa Taru Jurug buka setiap hari mulai pukul 7.30 - 16.00.

KAMPUNG BATIK KAUMAN

Rental Andalan Jaya Solo, Kampung Batik Kauman Solo
Kauman dijadikan kampung wisata batik di Solo sejak 2006 lalu. Sebagai kampung wisata, kampung ini juga menyediakan berbagai tempat yang dapat di kunjungi wisatawan, seperti rumah batik, showroom batik, tempat pelatihan batik, penelitian dan pengembangan produk batik, serta museum koleksi batik.

Menurut sejarah Kampung Batik Kauman dulunya adalah pemukiman kaum abdi dalem Keraton Kasunanan dengan mempertahankan tradisi dengan cara membatik. Dibandingkan dengan Laweyan, Batik Kauman lebih menampilkan motif batik klasik yang didasarkan pada pakem atau standar keraton.

Berkeliling ke Kampung Batik Kauman sebaiknya anda berjalan kaki atau naik becak. Karena, akses jalan di kampung ini berupa gang-gang sempit. Dengan berjalan kaki anda bisa menikmati bangunan tua dengan gaya arsitektur Jawa-Belanda, rumah joglo dan limasan.

KAMPUNG BATIK LAWEYAN

Rental Andalan Jaya Solo, Kampung Batik Laweyan Solo
Kampung Batik Laweyan sebagai kawasan sentra Batik di Kota Solo dan sudah ada sejak zaman kerajaan Pajang tahunn 1546 M. Kawasan ini sempat meraih kejayaannya pada tahun 1970an.

Kampung Laweyan berada di area lahan seluas kurang lebih 24 ha yang terdiri dari 3 blok. Di dalam kampung Batik tersebut, terdapat ratusan pengrajin Batik yang menjual berbagai motif, seperti Tirto Tejo dan Truntum dengan beragam variasi harga. Selain batik, Kampung Batik Laweyan juga menyimpan kekayaan arsitektur Jawa kuno.

 

BUS TINGKAT WISATA WERKUDARA

Rental Andalan Jaya Solo, Bus Tingkat Wisata Werkudara Solo
Kota Solo juga memiliki bus tingkat atau double decker dan telah beroperasi sejak 2011 lalu. Bus tingkat ini bernama Werkudara yang beroperasi sebagai bus wisata kota Solo.

Werkudara memiliki tinggi 4,5 meter dan lebar 2,5 meter. Bus ini memiliki gambar satu dari lima tokoh Pandawa dalam Pewayangan di bodi bus dengan disertai tulisan Werkudara bergaya aksara Jawa dan logo Solo Spirit of Java.

Jadwal reguler tiap Sabtu, Minggu & hari libur jam 09.00 - 12.00 - 15.00 WIB. Pembelian tiket dan pemberangkatan dari kantor Dishub Jl. Menteri Supeno No.7 Solo. 

Rute bus Werkudara dimulai dari Kantor Dishubkominfo di Manahan–perempatan Manahan (Jl. Ahmad Yani)– pertigaan Kerten (Jl. Slamet Riyadi)– Sriwedari–Gladag–Balai Kota–Pasar Gede–perempatan Panggung (Jl. Kolonel Sutarto)–Tugu Cembengan (Jl Ir Sutami)–Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) dan sebaliknya.

SEPUR KLUTHUK JALADARA

Rental Andalan Jaya Solo, Sepur Kluthuk Jaladara Solo

Sepur Kluthuk Jaladara) adalah kereta api wisata yang ada di kota Solo, Indonesia. Kereta ini dijalankan dengan lokomotif uap C1218, dan beroperasi di jalur kereta api Stasiun Purwosari hingga Stasiun Solo. Jalan rel itu tepat bersisian dengan Jalan Slamet Riyadi yang merupakan jalan utama di tengah Kota Solo. 

Kereta ini dapat berhenti di: Diamond Convention Center, Solo Grand Mall, Loji Gandrung (Rumah Dinas Wali kota Surakarta), House of Danar Hadi, Museum Radya Pustaka Sriwedari, Perempatan Pasar Pon (Pasar Windujenar – Ngarsopura), Kampung Seniman Kemlayan, Kampung Batik Kauman, Beteng Trade Center / Gladag Langen Bogan, Stasiun Solo Kota.

Kegiatan, titik pemberhentian, dan lama berhenti tidak mengikat; dapat berkurang maupun bertambah sesuai dengan kondisi perjalanan dan paket wisata yang diambil. Kereta dijadwalkan untuk dioperasikan pada akhir pekan (Sabtu–Minggu) dan/atau hari libur nasional; pada hari Sabtu pukul 16.30 dan Minggu pukul 09.30 WIB dari Stasiun Purwosari.

PANDAWA WATER WORLD

Rental Andalan Jaya Solo, Pandawa Water World Solo
Pandawa Water World Solo salah satu tempat wisata keluarga alternatif di kota budaya ini. Waterpark yang dirancang dengan bertemakan cerita mahabarata.

Beragam wahana dan permainan dengan total 27 wahana baik untuk orang dewasa maupun anak-anak bisa dicoba di waterboom solo ini. Seperti kebanyakan waterpark lainnya wahana seperti : wave pool, action river, fantastic slides, dll bisa dijumpai. Tentu keunikan etnik desain waterboom menjadi salah satu keunggulan yang menjadi pembeda dari waterboom lainnya.

Pandawa Water World ini terletak di Komplek Pandawa Jl. Cemara Raya Solo Baru dengan jam buka 12.00-18.00 kecuali sabtu dan Minggu yang buka 08.00-18.00. Hari Selasa tutup.