HOME      WISATA SOLO      KULINER SOLO      BELANJA SOLO      HOTEL SOLO      EVEN SOLO      SOLO TOUR      ARTIKEL

Tempat Wisata di Solo dan Sekitarnya

KERATON KASUNANAN SURAKARTA

Kraton Kasunanan Surakarta
Keraton Kasunanan Surakarta dibangun oleh Pakoe Boewono II pada tahun 1745 Masehi. Sebelumnya ibukota Keraton berada di Kartasura, yang berjarak lebih kurang 12 km barat Kota Solo. 

Secara fisik bangunan Keraton Kasunanan Surakarta terdiri dari bangunan inti dan lingkungan pendukungnya seperti Gapura (pintu gerbang) yang disebut Gladag pada bagian Selatan. Kemudian ada dua Alun-alun di sebelah Utara dan Selatan kompleks Keraton. Juga terdapat Masjid Agung dan Pasar Batik yang terkenal yaitu Pasar Klewer. Kyai Slamet, Kerbau putih yang dikeramatkan sebagai salah satu pusaka Keraton Kasunanan Surakarta.

Di Keraton Kasunanan Surakarta terdapat Art Gallery yang menyimpan bermacam benda-benda bersejarah yang mempunyai nilai seni dan sejarah yang tinggi. Beberapa koleksi yang ada diantara lain kereta kencana, bermacam-macam senjata, wayang kulit dan benda-benda peninggalan jaman dulu lainnya. 

Keraton Kasunanan Surakarta dibuka untuk umum setiap hari jam 08.30-14.00, dan hari Minggu jam 08.30-13.00. Kraton tutup pada hari Jumat.


PURA MANGKUNEGARAN

Pura Mangkunagran
Pura Mangkunegaran dibangun pada tahun 1757 oleh Raden Mas Said yang lebih dikenal sebagai Pangeran Sambar Nyawa, setelah penandatanganan Perundingan Salatiga pada tanggal 13 Maret. Raden Mas Said kemudian menjadi Pangeran Mangkoe Nagoro I. Istana Mangkunegaran terdiri dari dua bagian utama : pendopo dan dalem yang diapit oleh tempat tinggal keluarga raja. Hal yang menarik adalah keseluruhan istana dibuat dari kayu jati yang bulat/utub.

PENDOPO adalah Joglo dengan empat saka guru (tiang utama) yang digunakan untuk resepsi dan pementasan tari tradisional Jawa. Ada seperangkat gamelan yang dinamai Kyai Kanyut Mesem. Gamelan yang sebagaian besar masih lengkap ini dimainkan pada hari-hari tertentu untuk mengiringi latihan tarian tradisional. Di dalam DALEM terdapat Pringgitan, ruang dimana keluarga menerima pejabat. Ruangan ini juga digunakan untuk mementaskan wayang kulit. Di dalam pringitan, ada beberapa lukisan karya Basuki Abdullah, pelukis kenamaan Solo.

Dalem juga digunakan untuk memajang berbagai koleksi barang peninggalan berharga yang bernilai seni dan sejarah yang tinggi. Terdapat koleksi topeng-topeng tradisional dari berbagai daerah di Indonesia, kitab-kitab kuno dari jaman Majapahit dan Mataram, koleksi berbagai perhiasan emas dan koleksi beberapa potret Mangkunegoro.

Pura Mangkunegaran juga memiliki perpustakaan yang disebut Rekso Pustoko. Koleksi topeng tradisional dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Solo, Jogjakarta, Cirebon, Madura dan Bali.
Beberapa koleksi topeng dari China. Pengunjung dapat memperoleh berbagai souvenir dan cinderamata di Pare Anom art shop. 

Pura Mangkunegaran dibuka untuk umum setiap hari jam 09.00 - 14.00, Jumat jam 09.00 - 12.00, Minggu jam 09.00 - 14.00.


MUSEUM RADYA PUSTAKA
   
Museum Radya Pustaka - Sewa Mobil Solo

TAMAN BALEKAMBANG 
 
Taman Balekambang - Sewa Mobil Solo

KAMPUNG BATIK KAUMAN

Kampung Batik Kauman



KAMPUNG BATIK LAWEYAN

Kampung Batik Laweyan




GLADAK LANGEN BOGAN (GALABO)

Galabo - Sewa Mobil Solo

TAMAN SATWA TARU JURUG



BUS WISATA WERKUDARA



SEPUR KLUTHUK JALADARA



PANDAWA WATER WORLD



Pandawa water world merupakan wahana air yang terletak di Solo Baru. Sangat cocok dijadikan tempat untuk wisata keluarga. Total 27 wahana permainan baik untuk anak-anak sampai orang dewasa, antara lain yaitu wave pool,action rider,fantastic,slides, sight tower, dll.